TIPS & TRIK Dalam MENGGUNAKAN FUNGSI IF pada Ms. EXcel

2016
10.28

Sebagai Mahasiswa kita tidak akan pernah lepas dari kegiatan perkuliahan yang pasti sewaktu-waktu membutukan pengerjaan Tugas dalam Microsoft Excel, bukan hanya dalam dunia perkuliahan tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Contoh jika kita mengikuti kegiatan karang taruan RW yang dimana kita menjadi bendahara dan di haruskan untuk membuat sebuah laporan keuangan , saat ini kita harus menggunakan peran dari Microoft Excel.

Fungsi If pada excel ini di gunakan untuk membuat sebuah pernyatan tentang kebenaran atau kesalahan suatu data yang sudah ada di dalam excel atau yang sudah kita rancang dalam excel. Adapun ketentuan yang harus di sepakati dalam pembuatan fungsi IF.

Adapun Cara pembuatannya sebagai Berikut :

  1. Menetukan terlebih dahulu ketentuan yang akan di gunakan contoh Jika Hasil akhir lebih besar dari 70 maka dinyatakan LULUS jika tidak sesuai ketentuan maka dinyatakan TIDAK LULUS
  2. Cara menampilkan Pernytaan tersebut pada kolom kita harus menuliskan rumus yang langsung berhubungan dengan kolom HASIL AKHIR.
  3. klik 1 sel yang menunjukkan lokasi di sebelah hasil akhir dan sebagai tempat pernyataan.
  4. Tuliskan Rumus Sebagai Berikut : =if(kolom hasil akhir dan ketentuan ; [“LULUS”] ; [“TIDAK LULUS”])
  5. Ketentuan nanti secara otomatis akan muncul
  6. dan untuk mempercepat waktu silahkan arah kan cursor pada hasil ketentuan yang td sudah dibuat ke arah kanan bawah jika sudah akan muncul simbol press , cukup di tekan dari tarik ke bawah hingga baris akhir dari hasil ketentuan itu, tanpa menulis rumus lagi.

SELESAI, selamt mencoba smoga bermanfaat.

Your Reply