Rumah Sakit Muhammadiyah Malang & Masjid K.H. M. Bedjo Darmoleksono

2016
10.27

 

 

Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah ini sudah bersertifikasi Internasioanl dan menjai bahan rumah sakit swasta percontohan oleh beberapa Kampus di Indonesia , baru-baru ini ITB melakukan survey lapangan untuk melaksanakan sebuah studi banding dalam bidang fasilitas Rumah Sakit UMM yang sangat memadai.

Berbicara mengenai arsitektur Rumah Sakit Muhammadiyah Malang ini sangat Unik Karena sedikit memiliki ornament budaya Tionghoa dengan perpaduan warna merah MUda atau Tua dengan PUtih , Gedung yang memiliki 5 lantai ini dilengkapi denga berbagai fasilitas umum yang dapat di gunakan untuk seluruh masyarakat yang paling kecil yaitu malang. Salah Satu fasilitas nya yaitu lift bagi pengunjung atau pasien di bedakan di setiap lantai nya, terdapat receptionist di setiap lantai untuk memudahkan melakukan pengaduan jika terjadi sesuatu. Kamar mandi dalam di setiap ruangan dan musholla di setiap lantai nya. Kantin Rumah sakit terisah dari gedung rumah sakit tetapi jaraknya masih di dalam lokasi rumah sakit muhamadiyah Malang, Hal ini di maksudkan agar tidak terkontasminasi dengan bakteri/virus yang ada di rumah sakit.

Dan adanya Rumah sakit ini membantu mempermudah mahasiswa/I yang mengalami atau menderita penyakit yang mengaharuskan mereka untuk menginap di sana dengan mendapatkan potongan biaya rumah sakit dan memudahkan administrasi perijinan untuk rehat dari aktifitas kuliah dengan menggunakan surat dokter yang sudah di percaya juga oleh kampus.

Masjid yang sangat mencerminkan budaya tionghoa ini berada tepat di depan Rumah sakit Muhammadiyah malang tetapi masih dalam satu lokasi. Ornament yang terdapt di atas genting masjid seperti rumah-rumah penduduk yang ada di tionghoa dan warna bangunan masjid yang mendukung yaitu merah maroon dan emas.Tempat Wudhu bagi perempuan ada di sebalah kanan masjid dan laki-laki ada di sebelah kiri masjid. Masjid ini di sediakan bagi para pengunjung rumah sakit atau masayarakat umum yang ingin melaksanakan ibadah shalat di masjid ini.

Your Reply