KEBUDAYAAN MALANG

2016
10.25

Nama yang sering kita dengar selain sebutan Malang Kota Bunga , Malang juga sering di sebut sebagai BUMI AREMA. Hal ini di tunjukkan sebagai bagian dari identitas kota Malang yang sangat membanggakan Club Sepak Bola Asal Malang ini. Sebagai Mahasiswi yang terlahir di Kota Malang ,Saya bangga akan segala sesuatu yang ada di dalam Kotaku. Di Mulai dari Budaya , Pendidikan , Kuliner , Makanan Khas , Alam nya yang masih terjaga kealamihannya serta masih sering kita jumpai di belahan kota Malang yang perlahan-lahan menjadi Kota Padat Penduduk ini.
Budaya yang sangat terkenal hingga saat ini di daerah Malang yaitu salah satu nya , TARIAN TOPENG MALANGAN. Tarian topeng Malangan ini berasal dari daerah Malang, Tepatnya di daerah PONCOKUSUMO. Pada Awal nya tarian topeng lahir di dalam sebuah sanggar seni yang berasal dari penggabungan sanggar silat yang ada di Daerah Tengger, Bromo.
Tarian Topeng Malangan Ini hampir sama dengan Wayang Wong hanya yang membedakan adalah cerita yang ada di dalam Tarian topeng Malangan yaitu Cerita Panji. Semua Anggota Tarian Malangan ini menggunakan Topeng pada setiap wajah mereka menggambarkan berbagai macam karakter serta sifat dari tokoh yang mereka perankan.

_timthumb-project-code
Berbicara soal budaya tidak lengkap jika kita tidak berbicara mengenai MAKANAN khas daerah Malang. Di daerah Malang ada kampung kecil yang menjadi sentral dari makanan khas malang ini. Sebagai tempat pembuatan pertama kali makanan khas Malang ini. Makanan khas malang ini mulanya hanya berupa lauk basah yang di namakan TEMPE. Tempe merupakan lauk pendamping makanan yang di buat dari kedelai yang di kukus dan di beri ragi sehingga antar butir kedelainya melekat dan menjadi TEMPE. Berkembangnya teknologi dan Jaman, Tempe yang awalnya hanya di goreng biasa dan di jadikan lauk makanan menjadi camilan yang sangat di gandrungi masyarakat Indonesia pada Umumnya, Yatu KERIPIK TEMPE. Tekstur yang di hasilkan hampir sama seperti Kerupuk yang di nikmati masyarakat indonesia pada umumnya.

kt
Ciri Khas yang di miliki Kota Malang pada saat ini yaitu ORNAMEN LAMPU di sekitar atau pinggir Jalannya terdapat tempat duduk yang di berikan pemerintah kota malang kepada masyarakat Kota Malang untuk digunakan menikmati setiap sudut kota malang. Banyak Taman-Taman kecil di setiap sudut Kota Malang.

download

 

sumber : https://www.google.co.id/search?q=keripik+tempe&biw=1366&bih=662&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwitqp-hyffPAhUQS48KHWd2C7gQ_AUIBigB#imgrc=iISaWkMZ0AOAxM%3A

http://indonesiana.merahputih.com/budaya/2015/09/30/mengenal-tari-topeng-malangan-wisata-budaya-malang-yang-hampir-punah/28022/

http://ngalam.co/2016/06/21/taman-slamet-hidden-paradise-kota-malang/

 

Your Reply